Beranda » Berita » Sambut Dies Natalis Ke-39 Dwijendra University, Fakultas Teknik Selenggarakan Webinar Ruang sebagai Upaya Preventif Covid-19

Sambut Dies Natalis Ke-39 Dwijendra University, Fakultas Teknik Selenggarakan Webinar Ruang sebagai Upaya Preventif Covid-19

Denpasar, Senin, 5 Juli 2021. Lonjakan jumlah pasien yang terinfeksi virus Covid-19 membuat pemerintah kembali menetapkan kebijakan PPKM Darurat khusus Jawa dan Bali, mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Penetapan protokol kesehatan yang ketat, tidak mampu meredam jumlah kasus terinfeksi covid-19. Bahkan beberapa hari terakhir, semakin marak berita duka yang hadir dari public figure ibu kota akibat terjangkit virus mematikan ini.

Presiden Jokowi pada salah satu pidatonya mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan upaya untuk menekan jumlah kasus pasien Covid-19 melalui pembatasan aktivitas masyarakat. Kebijakan ini dihrapkan dapat mengurangi terjadinya kerumunan pada area publik. Berbagai opini pro dan konta muncul di masyarakat terkait pemberlakuan PPKM ini. Namun kebijakan tegas harus tetap dilaksanakan demi keselamatan masyarakat luas.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 adalah adanya keharusan untuk menjaga jarak antar individu, terutama pada ruang publik. Upaya preventif ini tentunya memunculkan sebuah kebutuhan baru akan ruang yang adaptif dan mampu menanggulangi dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Dekan Fakultas Teknik Dwijendra University, Arya Bagus Mahadwijati Wijaatmaja, S.T.,M.T. mengungkapkan bahwa perguruan tinggi sebagai lembaga pencetak generasi muda perlu membantu pemerintah dalam menganggulangi kasus global ini.

“Fakultas Teknik melalui Program Studi Arsitektur ingin memberikan sumbangsih pemikiran berupa gagasan konsep spasial yang adaptif, kreatif dan tentunya bersifat preventif untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19, melalui kegiatan webinar yang juga merupakan rangkaian acara dalam menyambut Dies Natalis Ke-39 Dwijendra University”, tuturnya.

“Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, saya harap penyelenggaraan seminar ini dapat melahirkan ide -ide baru yang efektif dan inovatif dalam aspek spasial dan keruangan, sehingga bangsa kita segera terbebas dari virus corona” sambungnya.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seminar online dengan mengangkat tema “Ruang sebagai Preventif Covid-19” yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juli 2021, pukul 09.00 wita hingga pukul 12.00 wita melalui aplikasi zoom meeting dengan tiga orang narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain, Msi., Dr. Ir. Putu Gde Ery Suardana, M.Erg., IAI., dan Dr. I Kadek Pranajaya, S.T., M.T., IAI, AA.

Tayangan ulang webinar dapat disaksikan pada Youtube Channel Arsitektur Dwijendra

Tinggalkan Balasan