Lompat ke konten
Beranda » Tentang Program Studi Arsitektur » Visi & Misi Program Studi Arsitektur

Visi & Misi Program Studi Arsitektur

Visi Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Dwijendra merupakan penjabaran dari visi Universitas Dwijendra, Fakultas Teknik memiliki visi yakni:

“Menjadikan Fakultas Teknik Universitas Dwijendra sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang keteknikan yang berguna, berbudaya, mandiri di tingkat Nasional tahun 2030”

Sehingga Visi Program Studi Arsitektur, mengacu pada visi Fakultas Teknik yakni:

“Terwujudnya Program Studi Arsitektur Universitas Dwijendra yang berguna, berbudaya, dan mandiri dalam menerapkan dan mengembangkan Ilmu Arsitektur berkearifan lokal di tingkat Regional dan Nasional pada tahun 2030”

Untuk lebih memperjelas makna dari rumusan visi tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut:

  1. Berguna, berarti Prodi Arsitektur FT Undwi secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing dan berguna dalam bidang arsitektur, di tingkat regional dan nasional. Dengan demikian Prodi Arsitektur FT Undwi diarahkan menjadi lembaga pendidikan Strata-1 dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  2. Berbudaya, berarti dalam melaksanakan proses pembelajaran, Prodi Arsitektur FT Undwi berlandaskan nilai-nilai budaya luhur dengan memperhatikan nilai-nilai budaya lokal dan regional serta menoleransi keragaman budaya. Dengan demikian diharapkan SDM yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mandiri, berarti   semua   sumber   daya   manusia   yang   dihasilkan   memiliki kepribadian yang tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri. Sebagai lembaga pendidikan Strata-1, Prodi Arsitektur FT Undwi memiliki otonomi dalam berbagai aspek, terutama dalam mengembangkan ilmu arsitektur dan arsitektur tradisional.
    1. Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Program Studi Arsitektur Undwi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas.
  2. Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik di bidang Tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan Arsitektur dan Arsitektur Tradisional.