Lompat ke konten
Beranda » Program Studi Arsitektur Luncurkan Program Proyek Independen – Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Program Studi Arsitektur Luncurkan Program Proyek Independen – Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Denpasar, Senin, 20 September 2021.

Menindaklanjuti Keputusan Mendikbud tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Dwijendra meluncurkan Program Proyek Inedpenenden MBKM. Program Proyek Independen ini akan diterapkan pada semester VII dalam tahun akademik 2021/2022 sebagai sebuah mata kuliah pilihan yang dapat ditempuh oleh mahasiswa dalam satu semester penuh. Sesuai dengan namanya, program proyek independen ini mengajak mahasiswa berperan langsung menjalankan program kegiatannya di bidang kearsitekturan secara nyata dalam focus kegiatan yang berkaitan dengan karakter mata kuliah dan bobot mata kuliah yang ada di program studi arsitektur. Program Proyek Independen tahun ini diikuti oleh 5 orang mahasiswa semester akhir.

Selain Proyek Independen, Kurikulum MBKM Prodi Arsitektur menyiapkan 3 pilihan semester bagi mahasiswa yang ingin melakukan pendidikan di luar kampus. Ketiga adalah sebagai berikut:

  1. Blok Belajar di luar prodi/universitas lain
  2. Blok Magang
  3. Blok Proyek Independen atau sejenisnya

Sebelumnya, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Dwijendra telah melakukan reorientasi Kurikulum 2015 dalam Kurikulum MBKM tahun 2021. Telah dilakukan reposisi matakuliah-matakuliah sehingga mahasiswa leluasa memilih kurikulum yang sesuai dengan kebutuhannya tanpa mengurangi kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Pelaksanaan Kurikulum MBKM 2021 diharapkan tidak memberatkan mahasiswa dengan adanya masa transisi selama semester dan penyesuaian atau ekuivalensi matakuliah kurikulum 2015 terhadap kurikulum MBKM 2021.

Tinggalkan Balasan