PENGABDIAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT (POSYANDU) DI BANJAR KERTHA BUWANA, DESA DANGIN PURI KANGIN, DENPASAR

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan oleh ibu PKK Banjar Kertha Buwana, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar. Pada kesempatan itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dwijendra melakukan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk bantuan pelayanan di banjar tersebut, pada tanggal 16 November 2020.

Frysa Wiriantari, S.T., selaku Dekan FT Universitas Dwijendra membeberkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pelayanan terpadu untuk balita adalah untuk melatih mental mahasiswa agar senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Meskipun demikian lanjutnya, kegiatan pelayanan ini sudah mengikuti protokol kesehatan dengan hanya melibatkan 10 orang mahasiswa, menggunakan masker, melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.  

Tinggalkan Balasan