Beranda » Berita » Pengabdian Kepada Masyarakat: Fakultas Teknik Dwijendra University Lakukan Pemetaan Desa dan Pura di Desa Adat Serason, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Pengabdian Kepada Masyarakat: Fakultas Teknik Dwijendra University Lakukan Pemetaan Desa dan Pura di Desa Adat Serason, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Tabanan, Sabtu, 15 Mei 2021. Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Fakultas Teknik Dwijendra University laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Adat Serason, Desa Pita, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah Pemetaan Wilayah Desa dan Pura-Pura yang terdapat di Desa Adat Serason. Kegiatan pengabdian dihadiri oleh seluruh Civitas Akademika Fakultas Teknik Dwijendra University, antara lain: Dekan, Wakil Dekan, KaProdi Arsitektur, Dosen, Pegawai dan Mahasiswa.

Jro Bendesa Adat Serason, I Wayan Sudartana, dalam sambutannya menyambut baik kegiata pengabdian yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, sebab kegiatan ini sejalan dengan program Desa Adat Serason yang akan menyusun sebuah purana untuk Desa Adat Serason. Jro Bendesa juga menyatakan bahwa Desa Adat Serason berkeinginan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Adat Serason sehingga dapat meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi Krama Desa Adat Serason.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Dwijendra University, Arya bagus Mahadwijati Wijaatmaja, S.T.,M.T. mengharapkan kemitraan yang telah terjalin bisa terus berlanjut sebagai suatu bentuk sinergi antara dunia pendidikan dengan masyarakat. Fakultas Teknik Dwijendra University yang berfokus pada Arsitektur Tradisional Bali selalu berupaya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak signifikan terhadap masyarakat khususnya pad bidang arsitektur dan permukiman desa adat.

Pengabdian ini diharapkan menghasilkan luaran berupa Peta Desa dan Denah Pura-Pura yang terdapat di Desa Adat Serason, termasuk laporan tentang bebanten dan upakara. Kegiatan ini merupakan legiatan awal/pembuka untuk kegiatan pengabdian selanjutnya di Desa Adat Serason.

Tinggalkan Balasan