Beranda » Berita » Bantu Korban Bencana Banjir Bandang NTT, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Dwijendra University Laksanakan Penggalananga Dana.

Bantu Korban Bencana Banjir Bandang NTT, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Dwijendra University Laksanakan Penggalananga Dana.

Denpasar, Senin, 12 April 2021.

Indonesia kembali dirundung duka, bencana banjir bandang menghantam Kabupaten Flores, di wilayah Nusa Tenggara Timur pada awal April 2021. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan bahwa banjir kali ini merupakan yang terparah dalam 10 tahun terakhir. Data yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Raditya Jati, setidaknya ada 938 Kepala Keluarga yang terdampak bencana. Dikutip dari suara.com edisi senin, 05 april 2021 disebutkan bahwa kerugian materiil yang tercatat sejauh ini adalah 25 rumah rusak berat, 114 rumah rusak sedang, 17 rumah hanyut, 60 rumah terencam, 734 rumah terdampa, 40 akses jalan tertutup pohon tumbang, 5 jembatan putus, 1 fasilitas umum terdampak dan 1 kapal tenggelam.

Beberapa korban bencana merupakan mahasiswa Universitas Dwijendra. Mahasiswa tersebut berada di kampung halaman dikarenakan sistem perkulihan masih dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Salah satu mahasiswa semester IV Fakultas Teknik Universitas Dwijendra juga dikabarkan terdampak bencana banjir. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dwijendra melaksanakan kegiatan penggalian dana sebagai wujud rasa solidaritas terhadap teman sejawat. Selain itu, terselenggaranya kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melalui kegiatan sosial kemanusian.

Dengan menggunakan protokol kesehatan karena situasi pandemik saat ini, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik mengawali kegiatan dengan mengumpulkan beberapa mahasiswa dari berbagai tingkat/ semester untuk mensosialisasikannya. Masing-masing perwakilan tersebut bertugas mengkoordinir teman seangkatannya dalam proses pengumpulan dana. Tidak hanya rekan mahasiswa, kegiatan ini juga menyasar para dosen dan pegawai di lingkungan Universitas Dwijendra. Dana yang terkumpul akan diserahkan kepada universitas selaku lembaga tertinggi, yang nantinya akan menyerahkan bantuan tersebut kepada Flobamora Bali.

Kegiatan Penggalangan Dana Bencana Banjir Bandang pada Wilayah Nusa Tenggara Timur dilaksanakan selama seminggu mulai dari tanggal 12 – 19 April 2021 yang bertempat di Fakultas Teknik Universitas Dwijendra, Jalan Kamboja no 17, Dangin Puri Kangin, Denpasar.

Adapun tujuan dari kegiatan Penggalangan Dana Bencana Banjir Bandang di Wilayah Nusa Tenggara Timur adalah sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan rasa solidaritas antar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah
  2. Untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa terhadap lingkungan masyarakat.

Tinggalkan Balasan