Lompat ke konten
Beranda ยป Aktualisasi kan Bersih Diri Bersih Lingkungan. , Fakultas Teknik Gelar Mural Competition #3 dan Pengabdian Kepada Masyarakat – Penyemprotan Eco Enzyme di lingkungan Desa Dangin Puri Kangin.

Aktualisasi kan Bersih Diri Bersih Lingkungan. , Fakultas Teknik Gelar Mural Competition #3 dan Pengabdian Kepada Masyarakat – Penyemprotan Eco Enzyme di lingkungan Desa Dangin Puri Kangin.

Denpasar, Sabtu 2 Oktober 2021.


Sebagai dukungan terhadap Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, Fakultas Teknik Dwijendra University menyelenggarakan Mural Competition #3 yang dirangkai dengan pengabdian kepada masyarakat (penyemprotan Eco Enzyme) di Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Dwijendra University, Dekan Fakultas Teknik, Perbekel DEsa Dangin Puri Kangin, Ketua BPD, Ketua LPM Desa Dangin Puri Kangin , Kelian Banjar Kertha Bhuwana, warga desa dangin Puri Kangin, peserta mural competition #3 serta dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Dwijendra University.


Mural Competition adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2018. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengangkat isu yang berkembang di masyarakat mengenai tingginya timbunan sampahyang mengotori lingkungan. Oleh sebab itu, kegiatan ini mengusung tema adalah Bijak mengelola sampah sesuai Pergub Bali nomor 47 Tahun 2019 sebagai bentuk menghargai lingkungan.


Perbekel Desa Dangin Puri Kangin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan mural Competition #3 dan selalu terbuka jika diadakan kegiatan serupa lagi. Sebagai tindak lanjut Mou yang telah disepakati antara Fakultas Teknik dan Desa Dangin Puri Kangin, Perbekel mengajak Dwijendra University untuk melaksanakan sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah di masing-masing banjar pada lingkungan Desa Dangin Puri Kangin.


Rektor Dwijendra University, dalam kesempatan wawancara mengungkapkan bahwa sejatinya kegiatan ini bukan semata-mata dalam bentuk pengabdian saja namun lebih kepada ajang untuk refleksikan diri yaitu bersih diri dahulu lalu akan bervibrasi kepada lingkungan. Teman-teman di Fakultas Teknik sambungnya, telah merealisasikan abstraksi tersebut dalam bentuk kegiatan mural dan penyemprotan Eco Enzyme di lingkungan Desa Dangin Puri Kangin. Sejatinya kegiatan inil tidak hanya berperan sebagai media seni semata karena dalam karya tersebut mengandung nilai entertain, edukasi dan estetika yang dilihat setiap waktu oleh masyarakat sekitar. Mural Competition #3 bukan hanya sebagai bentuk dukungan kepada kebijakan pemerintah namun juga bentuk kritikan yang disampaikan secara santun.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: